Rabu, 30 November 2016

Persiapan Perjalanan Ke Jepang

Menggunakan mode kendaraan udara untuk pertama kali pasti akan membuat kita sedikit cemas. Entah itu berasal dari diri kita sendiri bisa juga dari sekitar kita yang banyak memberikan pengaruh pengaruh serta pikiran pikiran negatif. Hal ini pun terjadi pada saya, saat saya melakukan perjalanan terjauh untuk pertama kalinya menggunakan pesawat. Sempat ragu untuk pergi, namun keinginan kuat untuk mengunjungi Negara impian mengenyahkan semuanya. Kali ini saya akan menceritakan dari awal hingga akhirnya bisa sampai di Negara impian saya itu yakni Jepang.
1.      Dokumen legalitas memasuki suatu Negara
a.       Membuat passport
Membuat passport merupakan suatu yang sangat krusial apabila kita ingin mengunjungi suatu Negara, karena passport merupakan dokumen resmi sebagai penanda bahwa kita legal untuk mengunjungi Negara lain. Dokumen ini dikeluarkan oleh dirjen imigrasi kementrian Hukum dan Ham RI. Sebetulnya untuk membuat dokumen ini tidaklah sulit kita hanya harus menyiapkan dokumen dokumen pendukung kelengkapan saat akan mengajukan paaport yang terdiri dari: Kartu Identitas ( KTP) diusahan E-KTP , Kartu Keluarga, Akta kelahiran, Surat Domisili, dan Surat Rekomendasi bagi yang sudah bekertja atau bisa juga dari kampus bagi yang masih mahasiswa, semua dokumen dibawa asli dan fotocopyannya.
Setelah lengkap semua dokumen pendukung kita kemudian memutuskan untuk membuat passport biasa atau passport elektronik. Jenis dari kedua passport ini berbeda dan biaya pembuatannyapun berbeda. Untuk yang ingin pergi ke Jepang disarankan untuk membuat passport elektronik saja  biarpun dengan biaya yang lumayan berbeda jauh, namun keuntungannya kita bisa dapat bebas visa. Biaya pembuatan passport biasa sekitar Rp. 350.000 sedangkan untuk passport elektronik sekitar Rp. 650.000.  Nah sekarang tinggal pilih saja yang mana.
Untuk mengajukan pembuatan passport disarankan datang lebih pagi untuk menghindari antrian yang terlalu panjang. Oh ya untuk passport elektronik baru bisa dilayani di seluruh KANIM DKI Jakarta, Surabaya dan  Batam. Tiba saatnya membuat passport dengan proses sekitar 3-7 hari dan untuk biaya pembuatan dibayarkan melalui bank nasional. Untuk pengambilan passport bisa diambil sendiri atau diwakilkan juga bisa dengan cataan ada bukti resmi tertulis apabila diwakilkan. Sekarang passport sudah siap tinggal kita menuju tahapan selanjutnya.
b.      Membuat Visa
Pilihlah pembuatan visa yang sekiranya mudah dan cepat serta tidak terlalu meguras kantong. Untuk para traveler yang ingin mengunjungi Jepang, saat ini telah tersedia Visa Waiver, dengan visa ini kita bisa stay di Jepang selama maksimal 2 minggu tapi apabila anda akan stay di Jepang lebih dari 2 minggu anda harus mebuat Visa biasa dan mengajukan dengan persyaratan yang lumayan banyak.
Karena penulis pergi ke Jepang hanya sekitar 1 minggu maka penulis memutuskan membuat Visa Waiver saja. Salah satu syarat dalam pembuatan Visa waiver adalah passport anda haruslah passport elektronik, kalau bukan passport elektronik anda belum bisa membuat Visa Waiver. Untuk pengajuan Visa Waiver sangatlah mudah, kita hanya mengisi format pengjuan Visa Waiver kemudian serahkan itu ke bagian konsulat di kedutaan besar Jepang setelah nomor antrian kita dipanggil. Hari berikutnya visa kita sudah selesai dan kita bisa mengambil passport yang telah dibubuhi sticker bebas visa selama 3 tahun untuk pergi ke Jepang.

Tahapan untuk dokumen legalitas sudah selesai saatnya hunting tiket ke Jepang.

2.      Mencari tiket dan membuat rencana perjalanan  ke Japan
Mencari tiket yang sesuai dengan kantong memang agak gampang gampang susah. Istilah kata kita berdompet tebal pastilah sangat mudah memilih airlines mana yang akan kita pilih, namun kalau kita berat diongkos apa daya kita harus pintar pintar memilah maskapai mana yang sekiranya cocok sesuai dan yang terpenting aman. Beberapa maskapai menawarkan harga lowcost sehingga kita akan lebih mudah mendapatkannya. Tinggal bagaimana kita pintar pintar mendapatkan apa yang sesuai dengan kita. Mungkin kamu juga bisa berburu tiket promo pastinya kamu akan dapat harga yang kamu inginkan, setidaknya untuk kantong mahasiswalah.

Membuat rencana ke Jepang, tentunya kamu harus mengenal tempat mana yang akan kalian kunjungi. Pastikan kita tidak salah kostum cari tahu musim apa disana, so persiapkan baju sesuai dengan musim.jangan lupa untuk baca banyak referensi, sehingga kita ada pengetahuan tentang tempat tempat yang akan kalian tuju. Pastikan kalian sudah tahu tentang system pembayaran transportasi di Jepang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar